Aplikasi Translate Aksara Jawa Terbaik dan Gratis

Aplikasi translate aksara jawa saat ini mulai banyak diminati karena dapat memberikan kemudahan bagi yang ingin belajar aksara jawa. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memudahkan bagi penggunanya untuk mengetahui arti dari tulisan jawa dengan sangat mudah.

Beberapa aplikasi bahkan didukung fitur menarik sehingga semakin layak digunakan. Contohnya adalah fitur copy paste, dimana kamu bisa membagikan langsung tanpa harus menulis ulang. Ada lagi fitur yang tidak kalah menarik, yakni share langsung di media sosial.

Banyak yang mengetahui bahwa aksara jawa bukanlah sesuatu yang mudah dipelajari. Hal ni dikarenakan aksara tersebut tidak menggunakan huruf latin atau alfabet, melainkan sejenis lambang. Setiap lambang memiliki bunyi yang berbeda tergantung dari bentuknya.

Aksara jawa bukan berupa satu huruf, melainkan suku kata. Menurut tedieka.com, aksara jawa juga dikenal sebagai Hanacarakan jika dilihat dari kosakata awalnya. Ada 20 jenis suku kata dari aksara ini, semuanya ada di beberapa aplikasi berikut!

Aksara Jawa

Aplikasi pertama adalah Aksara Jawa yang dikembangkan oleh Hirson. Aplikasi ini cukup terkenal dan banyak digunakan. Menurut data Playstore, saat ini yang menggunakan lebih dari 1 juta. Angka yang sangat banyak tentunya, belum lagi rating yang didapatkan lumayan bagus.

Aplikasi ini memiliki rating 4,3 bintang dari maksimal  5 bintang. Ada banyak kelebihan yang dimiliki, salah satunya adalah tersedia banyak jenis aksara yang dapat dipelajari. Tampilannya jelas, jadi tidak sulit menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Nulis Aksara Jawa

Selanjutnya ada Nulis Aksara Jawa yang juga perlu kamu coba. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, kali ini juga di download lebih dari 1 juta pengguna Android. Untuk menggunakannya sangat mudah, cukup ketik kata atau kalimat pada kolom yang disediakan.

Baca Juga :   Aplikasi Android Paling Berguna Sehari-Hari, Cek di Sini!

Pada saat kamu menulis kalimat yang dimaksud, hasilnya akan muncul pada kolom di bawahnya. Aplikasi ini sangat ringan, karena hanya berukuran sekitar 18 MB saja. Selain digunakan untuk menerjemahkan bahasa latin ke jawa, bisa juga translate dari aksara jawa ke latin.

Menulis Aksara Jawa Kuno

Selain kedua aplikasi yang disebutkan diatas, perlu juga untuk mencoba Menulis Aksara Jawa Kuno. Memang dari segi pengguna tidak terlalu banyak, karena aplikasi ini hanya doi download sekitar 10 ribu pengguna Android.

Namun dari segi fitur tidak dapat disepelekan, kamu bisa menggunakan keyboard aksara jawa yang secara otomatis terhubung. Untuk fitur lainnya tidak jauh berbeda, kamu bisa menggunakannya untuk translate jawa ke latin atau juga sebaliknya.

Itulah daftar rekomendasi aplikasi yang perlu kamu coba untuk membantu belajar aksara jawa. Semua aplikasi diatas gratis, kamu bisa mendapatkannya di Toko Aplikasi resmi. Meskipun sebagian besar terdapat iklan, namun sebenarnya tidak terlalu sering sehingga tidak mengganggu.